Ayo menanam SayurMengulas kembali pembelajaran sub tema tanaman, yang diakhiri dengan kegiatan puncak tema Tanaman, minggu ini, mulai senin-sabtu, 27 Oktober – 1 November 2014, dipekarangan sekolah, seluruh siswa mengimplementasikan program belajar bertanam aneka pohon dan sayuran, dengan tujuan agar siswa mengenal tentang dunia menanam (gardening) serta memahami proses pertumbuhan tanaman dan tahu bagian-bagian dari tanaman serta mengetahui manfaat sayur bagi kesehatan tubuh.

Kegiatan pembelajara bertanam, kelas sentra alam ini dibagi dalam kelompok kelas, dengan tahapan tugas dan hari yang berbeda, agar siswa bisa belajar banyak dan mendalam. Jadwalpun ditentukan yaitu Kelas Rabbit pada hari Senin, Kelas Guitar pada hari Rabu, Kelas Strawberry dan Penguin, pada hari Kamis, kelas Drum hari Jum’at dan terakhir kelas Trumpet pada hari Sabtu.

Penjelasan dari UstadahSebelum memulai kegiatan, siswa diberi penjelasan terlebih dahulu seputar teknik menanam, dan pentingnya kita harus rajin bertanam tanaman, oleh ustadah Fatma dan ustadah Ika. Anak-anak dipancing untuk penasaran hingga, beberapa anak tergelitik untuk bertanya. Hali ini dianggap bagus, dengan membangkitkan rasa penasaran siswa, sehingga nantinya dalam percobaan siswa menjadi antusias dan terpuaskan serta menjadi faham dengan apa yang dilakukan.

02 Mulai bertanamKegiatan pertama yang dilakukan adalah menyiapkan tanah, bibit sayur seperti bayam, pupuk dan air serta peralatan kerja seperti cetok dan sarung tanganpun disiapkan. Selanjutnya seluruh siswa diajak mengeruk tanah dari glangsing dipindah ke pot-pot besar, dan mulai dicampur dengan rabuk.

Menyiram tanamanSetelah berhasil menanam, anak-anakpun satu persatu dipersilahkan mencoba mengulet tanah kembali bersama, kemudian siswa yang lain, seperti adik PG pun mencoba dibimbing untuk menanam sayur, tampak beberapa anak masih takut, dan tidak mau mencoba, namun ustadah Retno dan ustadah Erni terus membesarkan hati dan memberanikan siswa agar mau belajar dan bermain bersama tanah dan tanaman.

Ayo kita jejerSetelah puas bertanam, seluruh siswa menempatkan dan mengatur berjejer pot-pot tanaman kelompok mereka masing-masing, dan ditunggu pada hari, minggu atau bulan berikutnya, apakah kelak tanaman mereka masih hidup atau tidak. Jika tumbuh dan berkembang, maka berhasilah kegiatan mereka saat ini. Diakhir program seluruh siswa diberi arahan agar senantiasa mau untuk memelihara tanaman.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s