los murid baruLayanan Orientasi Siswa (LOS) tahun pelajaran 2014-2015 siswa PG dan TK Al Kalam selama 3 hari, mulai senin-rabu, 14-16 Juli 2014 berisi kegiatan perkenalan diri, kenal guru, kenal teman, serta lingkungan sekolah, yang dikemas secara kreatif, menjadi kegiatan yang seru bagi adik-adik baru siswa PG dan TK A Al Kalam. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 32 siswa PG dan TK, dimulai pukul 08.00 WIB – 09.30 WIB, mengenakan seragam sekolah sesuai dengan jadwalnya, yakni seragam biru corak putih, untuk hari senin dan selasa sedangkan hari rabu seragam warna merah untuk TK A dan warna kuning untuk PG.

10 perkenalan adik PgDihari pertama setiap anak yang datang langsung disambut oleh seluruh ustadah dengan senyum, sapa dan salam, lalu dikondisikan untuk sikap berdoa mengawali pelajaran hari pertama. Jadwal untuk hari ini adalah siswa diberi name tag dalam bentuk bintang. Kemudian anak-anak diajak bernyanyi bersama dipandu Ustadah Umu, sambil sesekali beberapa anak menangis dan rewel minta selalu didampingi ibunya.

19 siap keliling17 perkenalan siswa baruBeberapa kegiatan selain bernyanyi dan berdoa adalah berlatih berbaris dan memahami tradisi kebiasaan harian sekolah seperti perintah dan instruksi baris, tertib dan yel-yel penyemangat. Kemudian satu persatu guru memperkenalkan diri dan juga seluruh anak, maju satu per satu dipandu untuk mengenalkan dirinya. Setelah itu mereka diajak keliling melihat kelas yang diberi nama untuk TK A (3 kelompok) Drum, Guitar dan Trumpet. Selanjutnya mereka dikondisikan untuk masuk kedalam kelas dalam antrian seperti kereta api, hampir seluruh instruksi dan perintah berbaris menggunakan bilingual (2 bahasa) Inggris dan Indonesia. Setelah berkeliling di kampus I, mereka diajak ke kampus II untuk melihat kelas Strawberry (sentra Ibadah), Kelas Penguin (sentra Balok), dan Kelas Rabbit (sentra Seni), lalu melihat kamar mandi, dapur, kantor kepala sekolah, aula bermain dan terakhir ke ruang komputer. Sambil melihat ruang, anak-anak mendapat penjelasan dari ustadahnya tentang fungsi masing-masing ruang.

21 mengenal kelas guitarSedangkan dihari kedua, tanggal 15 Juli 2014 anak-anak masuk kelas pukul 08.00 WIB dan masuk ke kelas Trumpet, Ustadah Ana, Ika dan Erni memandu Tanya jawab pagi. Ustadah bertanya kabar, dan siapa yang berani masuk kelas tanpa mama?, lalu diajak berdoa dan menyanyi lagu-lagu yang dikenal siswa seperti : Balonku, bintang, pelangi dan hujan. Setelah itu mereka diajak ke kampus I bertemu dengan ustadah Retno yang siap dengan aktivitas motorik berupa kegiatan menangkap ikan.

31 menangkap ikanKemudian siswa dibagi menjadi 2 kelompok dengan jumlah anak 5 di tiap kelompoknya, dan ustadahnya menyiapkan kantong plastik berisi air, serta anak-anak diperkenankan menangkap ikan maksimal 3 ekor. Setelah ikan ditangkap, mereka diberi penjelasan ustadah Retno, bahwa ikannya boleh dibawa pulang, tapi dihitung dulu berapa jumlah hasil tangkapannya, ada yang dapat 1 ada yang 2 adapula yang 3. Semuanya dibawa pulang, dan besok hari rabu dibawa lagi yaa… walaupun ada yang mati gak papa, nanti dihitung lagi sisanya, imbuh Retno.

35 mendapat ikanDihari ketiga, siswa datang dengan membawa ikannya dan disambut oleh ustadah Ana, kemudian ditanyai, ikannya ada berapa sekarang?? Mereka semua menghitung, ada yang tetap 2 ada yang satu karena mati 1 dan lain-lain semuanya dihitung dan tanpa disadari anak-anak kegiatan ini adalah pembelajaran berhitung dengan konsep dasar. Lalu ikannya dilepas kembali ke kolam.

Setelah itu anak-anak masuk kelas Trumpet dan Guitar kemudian dibagi jadi 2 kelompok dan diberi tugas mewarnai ikan dengan crayon, dan setelah mewarnai mereka boleh istirahat dengan bermain. Tampak dihari terakhir ini, anak-anak mulai mengakrabkan diri dengan teman-teman barunya, dan rata-rata semua anak berani dan mandiri tanpa ditunggui mamanya.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s