Outdoor naik kapal feri di tanjung perakKegiatan outdoor atau belajar diluar sekolah, dengan tema Public Transportation saat ini, Kamis, 27 Maret 2014 berkegiatan mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, untuk naik ke kapal Feri dan menyeberangi selat Madura. Pengalaman yang berkesan dengan mengendarai kapal ini ditargetkan oleh pihak sekolah, agar siswa benar-benar tahu langsung, kendaraan umum di air berupa kapal, dan mengobservasi detail suasana penumpang kapal, kondisi angin dan goyang-goyang, dirasakan oleh seluruh peserta, terlebih beberapa wali murid yang sepanjang hidupnya baru kali ini naik kapal.

melihat dari kaca biar tidak kena anginlihat patung jalesveva jayamaheRombongan berangkat pukul 07.00 WIB dengan mengendarai 6 armada angkot, dan langsung meluncur menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Setiba disana, panitia berkoordinasi dengan petugas ticketing dan setelah selesai langsung menggiring bemo masuk naik ke atas kapal feri. Sambil menunggu penumpang penuh, anak-anak keluar melihat keindahan laut Madura, dan diberitahukan oleh ustadah bahwa ada kelihatan pulau nun jauh disana itu adalah pulau Madura. Tak lama kemudian kapal berangkat, dan ditengah perjalanan anak-anak melihat dari keca dalam adapula yang melihat dari luar, keindahan laut yang sedang diseberangi, dan anak-anak juga melihat kapal-kapal lain yang bersandar, atau lepas anchor, ditengah laut dan tampak pula patung tentara angkata laut biasa disebut dengan patung Jalesveva Jayamahe.

Diatas kapal anak-anak dijelaskan oleh Ustadah tentang apa itu kapal, terbuat dari apa, dan bagaimana bisa bergerak, digerakkan oleh apa, serta siapa yang mengendarai kapal, dijelaskan detail oleh Para ustadah. Anak-anakpun jadi tahu bahwa kapal terbuat dari besi dan digerakkan oleh mesin yang menggerakkan baling-baling dibawah kapal dan yang mengendarai kapal disebut Nakhoda.

foto bersamapembagian makan siagSekitar setengah jam, rombongan telah tiba di dermaga kamal kabupaten Madura, dan langsung berhenti sejenak untuk sekedar foto di kapal yang sedang dibongkar, dan dilanjutkan menuju joglo untuk melakukan makan siang, anak-anak diberi nasi kotak oleh ustadah Hani, Ika dan Retno, dan langsung bersama orang tua, anak-anak melakukan makan bersama, dan setelah selesai makan, rombongan pergi belanja oleh-oleh ada jajanan, ada sayur ada mainan dan lain-lain. Pasar ini memang pasar yang terdekat dengan dermaga kamal.

Setelah belanja rombongan langsung menuju bemo dan pulang lewat jalur darat melewati jembatan Suramadu, yaitu jembatan kebanggaan warga jawa timur, khususnya warga Madura. Tiba disekolah pukul 11.30 WIB.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s