Raker semester genap 2014Masa Liburan Tahun Baru 2013 berlalu, tiga hari sebelum masuk hari efektif, tepatnya hari Kamis dan Jum’at (2-3/1/2014), Kepala Sekolah PG-TK Al Kalam mengadakan Rapat kerja semester Genap TA 2013-2014 bertempat di ruang kelas TK A, diikuti oleh seluruh guru kecuali Ustadah Erni yang masih cuti hamil setelah melahirkan putra pertamanya. Raker yang dipandu langsung oleh Ustad Achung, selaku Konselor dan Konsultan Pendidikan di PG-TK Al Kalam, berjalan dengan serius tapi santai, penuh perhatian.

Menyimak dalam RakerPagi itu, dihari I tepat pukul 09.00 WIB, rapat kerja dimulai dengan menginventarisir data hasil raker semester ganjil dibulan Juli, dimana setiap ustadah walikelas sudah merancang selama setahun, tinggal mengecek ulang, kegiatan-kegiatan yang bersifat khusus, seperti jadwal Outdoor atau Outbound, acara PHBI dan PHBN serta jadwal Rekreasi TK B dan Wisuda dibulan Juni nantinya.

Setiap perwakilan guru TK A, TK B dan PG membuat dan merevisi ulang kegiatan untuk semester genap (Januari – Juni 2014) dan dihari pertama ini fokus pada pembuatan program kerja.

Pake LCD Proyektor baruDan Dihari II, 3 Januari 2014, diadakan rapat pleno di kelas TK A dengan menggunakan media LCD proyektor, dan dipandu langsung oleh Ustad Achung untuk membahas bersama, tentang kegiatan mulai januari dan seterusnya. Mulai masuk semester genap, tanggal 6 Januari 2014, dan direncanakan langsung membahas PHBI Maulud Nabi Muhammad SAW yang akan diadakan pada 18 Januari 2014.

Dan dilanjutkan dengan Bab I tema rekreasi, direncanakan tanggal 1 februari akan mengunjungi museum jalesveva jayamahe di Ujung Perak Surabaya atau mengenal kendaraan laut (Kapal) dengan mengendarai kapal Feri menyeberang ke Kamal Madura. Dan berikutnya di tanggal 20 februari 2014 dengan tema profesi akan berkunjung ke Hanggar TNI AU dan Rumah Pintar di Juanda Surabaya.

Peserta RakerPemaparan programSedangkan dibulan maret 2014, untuk pembelajaran tema Air, Api dan Udara akan memberikan materi membuat hujan buatan dan melepas balon karet yang bunyinya teeet…., dan tema Alat Komunikasi akan membuat telpon dari bekas gelas air mineral dan nonton bareng film komunikas modern dan tradisional serta di Hari Bumi di Bulan maret direncakan akan membagi bunga dijalan untuk mengajak masyarakat cinta dan peduli pada bumi dengan cara menanam dan merawat pohon. Dan diakhri bulan maret atau diawal bulan april akan diadakan rekreasi jelang perpisahan TK di Jatim Park I Malang.

DIbulan April 2014, dengan tema cinta tanah air, akan diadakan peringatan hari kartini dan pelatihan demokrasi dengan diadakakan pemilu ala anak disekolah, dengan cara simulasi pemungutan suara untuk menentukan pemimpin Indonesia yang disukai anak-anak. dan untuk tema gejala alam, siswa akan disimulasi bagaimana terjadinya gunung meletus, pembuatan dan pengenalan cahaya dengan media senter atau sentolop. Dibulan Mei, murni fokus di persiapan pengayaan untuk siswa, persiapan pembuatan raport, dan latihan-latihan untuk mengisi acara wisuda dan pentas seni akhir tahun dibulan juni. Demikian rangkuman isi raker semester genap 2014 kali ini, dan acara langsung ditutup oleh Ustad Achung manakala tepat pukul 11.00 WIB dan ditutup karena waktu mepet dengan  sholat Jum’at.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s