Mulai menanamMemasuki puncak tema pembelajaran tentang Tanaman, seluruh siswa PG dan TK Al Kalam melakukan observasi tanaman dan praktek menanam tanaman dengan sebelumnya mengelola tanah dan pupuk secara seimbang. Hal ini dilakukan oleh seluruh siswa pada hari Sabtu, 30 November 2013 di pelataran sekolah. Kegiatan yang dipandu langsung oleh Ustadah Fatma, selaku kordinator guru di PG-TK Al Kalam langsung mengumpulkan tanaman dan tanah yang dibawa oleh setiap siswa dari rumah berdasarkan kelompok dan jenis tanaman tertentu yang sudah dibagi berdasarkan kelompok siswa.

siap menanamHari itu seluruh tanaman dikumpulkan dipelataran sekolah dan tiap kelompok secara bersama dipandu oleh masing-masing wali kelas, seperti TK B dipandu langsung oleh Ustadah Umu dan Ana. Sedangkan TK A langsung dipandu oleh Ustadah Ika, Erni dan Retno, dan untuk PG dipandu Ustadah Fatma dan Ifa.

Dan yang pertama diajarkan adalah mengenal macam tanaman diantaranya Bunga Kenanga, Kambojo, Pohon Jeruk, Cemara, Bunga pucuk merah, Pohon Palm, Bunga Mawar, Bunga Melati, Bunga Asoka dan Bunga Dahlia.

mengolah tanahSeluruh kelompok keluar dengan tanaman kelompok mereka, dan yang pertama diolah adalah tanah, bagaimana tanah di ulet atau dibolak balik dulu dengan tanah, kemudian memasukkan pupuk dan diaduk lagi setelah itu tanaman ditancapkan dan kemudian disiram dengan air secukupnya.

siap menyirampenjelasan tanaman oleh ustd FatmaBunga Asoka TK ADan selanjutnya seluruh siswa diminta untuk mencuci tangan dan berkumpul kembali membawa tanaman mereka dipelataran sekolah. Kemudian Ustadah Fatma menjelaskan tentang bagian-bagian tanaman kepada anak-anak seperti bagian akar yang berguna untuk minum air dan menyerap makanan tanaman, kemudian daun yang berfungsi untuk fotosintesis atau pengolahan dari O2 menjadi CO2 dan menerangkan istilah bagian tanaman, mana batang, daun, akar dan lain-lain. Anak-anak belajar dengan langsung melihat contoh yang dibawa oleh ustadah Fatma.

Kemudian anak-anak me-labeli nama mereka ditanamannya, lalu berpose dengan ustadah masing-masing ditiap kelompoknya. Dan selesai sudah pembelajaran dengan berkotor ria hari ini, dan para ustadah berharap, anak-anak menjadi lebih semangat dan senang dengan menanam tanaman atau pohon dirumah mereka.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s