Belajar kirim surat di Kantor PosPengenalan salah satu media komunikasi konvensional berupa Surat, dengan cara Outdoor Program berupa kunjungan belajar oleh siswa-siswi PG dan TK Al Kalam, di Kantor Pos Besar Jl. Kebon Rojo Surabaya, pada hari kamis, 21 Februari 2013, menjadi program kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, karena mereka belajar diluar sekolah, dan berada disuatu tempat, dimana mereka akan belajar cara mengirim surat atau berita melalui secarik kertas yang dimasukan dalam amplop dan akan dikirim ke orang tua mereka masing-masing.

Pembekalan oleh Ibu PipitAyooo.. mengirim surat …” teriak siswa-siswi PG dan TK Al Kalam, sesampai di Kantor Pos Besar. Sambil menenteng surat yang berisi pesan untuk mama dan papa, mereka berlarian bergegas menuju pintu masuk Kantor Pos. Setiba disana, mereka sudah disambut oleh Ibu Pipit dan Pak Widodo, Staf Filateli yang akan memandu anak-anak untuk belajar cara mengirim surat. Setelah berkoordinasi dengan ustadah Fatma, Ibu Pipit langsung menyapa anak-anak dan menjelaskan dengan contoh surat yang akan diberi prangko Prisma dimana ada foto wajah setiap siswa.

menempel perangko13-Mengirim surat ke petugas posSelanjutnya anak-anak diajak masuk, untuk duduk menunggu sebentar membeli prangko dan tiap anak langsung dibagikan perangko satu persatu, lalu dilem dan ditempel di amplop surat. Selanjutnya anak-anak bergerak bergeser masuk kedalam, diarahkan ditempat pen-stempelan perangko wilayah kota Surabaya, sebagai tanda keabsyahan surat untuk dikirim. Anak-anakpun dipandu dan diminta untuk mencoba menstempel suratnya sendiri.

Kemudian setelah surat terstempel resmi, segera anak-anak memberikan surat tersebut kepada petugas Kantor Pos bagian pengiriman, selanjutnya oleh petugas ditata dan dikelompokkan berdasarkan alamat surat untuk mempermudah petugas saat didistribusi kepada petugas lapangan bagian mengirim surat.

18-Pak Widodo memberi materiDan pembelajaran terakhir diberikan oleh Pak Widodo yang menjelaskan tentang Perangko, Surat dan kotak Pos. bahasa yang disampaikan oleh pak Widodo sangat mudah dipahami anak-anak, intinya adalah bahwa Prangko Prisma dirancang bagi pelanggan agar pelanggan bebas pula menentukan gambar peragkonya, seperti foto, obyek tertentu, logo sekolah atau perusahaan intinya efektif untuk promosi. Media komunikasi lewat surat ini masih menarik, karena esensi perangko bagi yang suka filateli (pengkoleksi perangko) sangat menyenangkan bisa tahu perbedaan gambar dan model perangko dari jaman ke jaman ataupun dalam negeri atau luar negeri.

19-Siap PulangKemudian setelah itu anak-anak dan guru menyanyi bersama, berucap terimakasih kepada seluruh petugas yang telah membantu dan melayani siswa dalam belajar kali ini. Pak Widodo yang mewakili kantor Pos juga berucap terimakasih dan mengundang Sekolah PG-TK Al Kalam untuk berkunjung lagi ditahun-tahun yang akan datang. Segera anak-anak meluncur menuju bemo yang diparkir, beberapa anak ada yang langsung dijemput oleh orang tuanya. Ustadah pendamping dibemo juga dibagi, ada ustadah Fatma, Ana, Erni, Umu, Hani, Ifa, Fiti dan Nida.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s