Manasik Haji Cilik 2012Pergelaran Manasik Haji Cilik oleh IGRA Kota Surabaya di Masjid Agung Surabaya (Masjid Al Akbar) pada hari Rabu, 5 Desember 2012 terselenggara dengan semarak, diikuti oleh ratusan siswa dari puluhan sekolah, salah satunya dari PG-TK Al Kalam Gadel Sari Madya Surabaya, yang mengirimkan 20 siswanya dari TK B, dengan didampingi oleh 4 guru pendamping, yakni untuk siswa putri, sekitar 17 anak, dengan ciri bando pita merah di kepala, didampingi ustadah Ifa dan ustadah hani sedangkan kelompok putra, sekitar 12 anak, dengan ciri pita merah putih di lengan tangan, didampingi oleh ustadah Ana dan ustadah Erni, sedangkan Kepala Sekolah PG-TK Al Kalam, Ustadah Fatma dan Pak Isa menjadi Panitia.

05-Tiba dilokasi Masjid Al AkbarRombongan berangkat agak awal, sekitar pukul 05.00 WIB dengan mengendarai 3 armada bemo, 2 bemo diisi anak-anak dan guru sedangkan 1 bemo lagi diisi wali murid. dan tiba dilokasi sekitar pukul 06.00 WIB, dengan harapan mendapat nomer peserta yang tidak lama, dan Alhamdulillah terwujud, kelompok cakep (laki-laki) mendapat nomor peserta 8, dan kelompok Cantik (Perempuan) nomor 9. Kemudian para guru pendamping melakukan registrasi, lalu menuju Miqod, dan disini cukup melelahkan, karena harus menunggu lama kelompok lainnya yang sedang registras. Lalu rombongan jamaah haji ciliki Al Kalam, pergi menuju ke arofah, melempar jumroh, di ula wusto aqobah, mencari kerikil (jagung) terus dilempar masing-masing 3 lemparan.

IMG_0024Setelah melakukan ritual jumroh, jamaah menuju Masjidil Haram, dengan berdoa masuk masjid dan melihat kabah dengan membaca takbir, selanjutnya mengelilingi selama 3 kali sambil berhenti ditiap sudut, dan membaca takbir dan tasbih, lalu berdoa menuju ke makam Ibrahim membaca doa belajar. Ritual berikutnya menuju hijir ismail, berupa sekatan, anak-anakpun membaca doa anak sholeh sambil menuju ke zam-zam dengan membaca talbiyah, dan doa minum air zam-zam. Kemudian terakhir para siswa melakukan Sa’i atau lari-lari kecil sebanyak 3 kali dari shofa ke marwah, laki-laki melakukan lari-lari kecil sedangkan perempuan jalan. setelahnya ditutup dengan tahallul, atau memotong rambut,

02-Menunggu di arofahDemikian sekelumit, ritual Ibadah Haji yang dilakukan oleh anak-anak saat itu, dan banyak kisah lucu sepanjang prosesi melakukan ritual haji, seperti di kelompok cakep (laki-laki), Ananda Faras terpisah dari teman-temannya, sambil tangannya terus tengadah bengong terlepas dari rombongan. Sedangkan Ananda Putri, merasa kecapekan menunggu saat di arofah dan ingin cepat selesai, sambil berkata, “aku tak pulang sendiri ustadah”. Ada pula mas reno, bajunya kedodoran, pas di tahallul, bagian atasnya lepas. sambil dipegangi. Dan tampak para orang tua menunggui anaknya diluar masid cuma menonton, ada juga yang menunggu sambil gelar tikar membawa bekal rujak dan snack.

Rencana panitia, dalam ajang Manasik Haji Ciliki kali ini, tidak dilombakan, akan tetapi akan diapresiasi dengan piagam 40 sekolah, sebagai rombongan terbaik, dari Surabaya dan akan dipilih dari luar surabaya sebanyak 10 rombongan.

Nama peserta Haji Cilik dari kelompok Cantik,diantaranya ada Putri, Cinta, Salsa, Luna, Rizka, Dipsi, Delisa, Ajeng, Keysa, Zia, Uzi dan Dila. Sedangkan kelompok Cakep terdiri dari Salman, Alif, Tedi, Farras, Kevin, Reno, Shanno, Davis, Rafi, Afif, Hafiz, Naufal, Rizki, Rizqi, Ilmi.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s