Cooking Class PGLife skill, adalah ketrampilan hidup yang idealnya diajarkan sejak dini kepada anak-anak agar anak bukan hanya terampil dalam berpikir melainkan terampil pula dalam melakukan aksi tindakan yang produktif dan bermanfaat. Hal ini yang hari ini, jum’at (9/11/12) diberikan kepada sekitar 20 siswa play group PG-TK Al Kalam, dengan bermain di kelas memasak (cooking class). Saat ini mereka akan berkegiatan mengolah buah, diantaranya Apukat, Mangga, Melon, Jeruk dan Tomat, untuk dibikin jus. Tidak itu saja, siswa juga diajari cara mengoles roti tawar yang benar dengan selai blueberry atau susu coklat. Dalam keseharian, anak-anak sering melihat hal ini dirumah, tapi kesempatan untuk membuat atau melakukan sendiri jarang diberikan oleh orang tua. Maka kali ini, kesempatan berharga buat mereka untuk melakukan kesalahan dan kekotoran, di kelas memasak ini.

Awal pembelajaran, siswa diberitahu terlebih dahulu bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti Blender, buah-buahan, susu dan gula, serta roti dan selainya. Peralatan seperti pisau dikenalkan dan dipergunakan untuk mengupas dan mengiris kecil-kecil buah melon, mangga  dan tomatnya. Kemudian anak-anak diberitahu caranya, yakni mempersiapkan blender yang bersih kemudian dimasuki buah yang dibutuhkan, diberi air matang, gula dan susu, kemudian diputar. Setelah lembut, jus kental pun dituang kedalam gelas siswa. Berikut seterusnya pada kelompok lainnya yang membuat jus apukat, jus tomat dan mangga. Anak-anak mulai tampak lanyah memasukan potongan-potongan buah dan menyiraminya dengan gula dan susu didalam gelas blendernya, lalu ditutup dan dipegangi atasnya oleh semua anggota kelompok.

Ustadah Ifa, selaku wali kelas PG, dengan lantang menjelaskan cara membuat jus kepada anak, dan saat membuat jus, ada aja tingkah pola anak yang lucu dan menggemaskan seperti Axel, Pafi dan Salsa, selalu menjilati tumpahan gula dimeja saat mengenai anggota tubuhnya. Dan setelah mengolah jus buah, anak-anak oleh Ustadah Fatma, Kepala sekolah, yang turut membantu ustadah Ifa dikelas memasak, bersama ustadah Fiti dan Nida, meminta anak-anak mengeluarkan roti tawarnya, dan setelah itu, Selai dan susu coklatnya disiapkan. Selanjutnya anak-anak diajari memoles roti tawarnya. Dan yang terakhir, setelah Jus dan Roti Siap, anak-anak dipersilakan duduk dan berdoa terlebih dahulu sebelum menyantap roti dan jusnya. Kemudian anak-anak dengan leko menghabiskan roti dan jusnya.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s