Paparan Ust AchungParenting Education Seri XI dan penjelasan tentang informasi kegiatan sekolah, disampaikan kepada seluruh wali murid mulai PG dan TK oleh Ustad Isa Anshori selaku Kepala Sekolah dan Ustad Achung selaku Konselor sekolah, pada hari Senin (1/11/2012), bertempat di pelataran sekolah PG-TK Al Kalam. Kegiatan yang dipadati kebanyakan oleh kaum hawa ini bertujuan untuk silahturrahim sekaligus forum pendidikan untuk orang tua agar lebih memahami dan trampil dalam mengelola putra-putrinya.

Sekitar pukul 08.15 WIB, Ustad Isa langsung membuka acara dan memberikan informasi tentang pergantian tempat renang untuk ekskul renang, penyedian serbet atau lap wajah untuk tiap anak, supaya saat berkeringat, Ustadahnya bisa membersihkan wajah anak-anak agar tidak tampak kumus-kumus, dan info tentang kegiatan Cooking Class untuk siswa TK A yang diadakan besok. Dan selanjutnya kesempatan diberikan kepada Ustad Achung untuk memberikan paparan tentang tema parenting kali ini yang fokus pada kepedulian orang tua akan keshalehan anak-anak dan bagaimana menjadi ibu yang hebat dalam mendidik anak serta dampak kepriabian siswa yang ditunggui oleh orang tuanya.

Materi dibuka oleh ustad Achung dengan penyadaran bahwa orang tua khususnya Ibu diminta untuk  memperhatikan aspek keshalehan putranya, bentuknya adalah seperti menanyakan selalu tentang hafalan surat pendek, hadist pilihan, dan doa harian, serta selalu mengawal sholat anak-anaknya. disamping itu dilanjutkan oleh Ustad yang bernama lengkap Nasrul Huda ini adalah aspek menunggui anak disekolah, yang kelak akan berdampak menjadikan anak yang ketergantungan, tidak tanggung jawab, tidak peduli, memupuk ego, tidak mandiri dan kadang mengalami stress karena mendapat tekanan dan tuntutan dari orang tua.

Ketidak efektifan orang tua menunggui anaknya, atau bahkan malah terlibat dalam intervensi proses belajar mengajar, seperti memberi kue atau minuman saat jam pelajaran dan selalu clingak-clinguk mencari dan melihat anak, dapat menjadikan anak tidak fokus, tersebar perhatiaanya. Dan yang kedua dengan menunggui anak sekolah, berdampak, anak tidak akan pernah merasa bersalah, karena ada yang bertanggung jawab atas semua kesalahannya.

Dan pembahasan terakhir adalah bagaimana ibu menjadikan anaknya menjadi hebat, yaitu menjadikan anak yang ceria, bersemangat, berani dan percaya diri.  Disarankan oleh ustad Achung agar ibu tidak mudah stres pikirannya, dampak stress menjadikan anak bertingkah pola kontraproduktif. Yang kedua, selalu ketat mendampingi dan mengawasi serta meluruskan anak dengan ramah jika melenceng jalur, yang ketiga kompak dengan pasangan hidup, jangan ada beda perlakuan terhadap anak agar si anak tidak bingung, yang keempat semampu mungkin sabar dan menghindari memukul dan membentak anak dan yang terakhir. dimalam hari sering di sugesti positif dengan nasehat,  pujian atau penyemangatan.

Setelah dijelaskan gamblang oleh Ustad Achung, waktu tanya jawab diberikan, salah satu orang tua menanyakan tentang bolehkah anak dikritik?, boleh saja, kata ustad Achung, ditambahkan, Asal cara kritiknya tidak mengatai negatif tentang si anak atau mematikan keberanian bicara dan rasa ingin tahunya. Yang kedua bertanya soal si kakek yang kadang melabeli cucunya dengan perkataan yang membuat sianak wajahnya langsung kusam dan marah. Seyogyanya si kakek harus diajak bicara dan dijelaskan keadaan sang cucu, akibat dampak kata atau kalimat yang diucapkan kakek.

Selanjutnya agenda terakhir pemaparan jadwal kegiatan sekolah yang di di bulan November, dijelaskan oleh Ustadah Fatma, seputar tanggal 2 ada Cooking Class, tanggal 17 ada Lomba HAB, tanggal 19 ada PIN Difteri, tanggal 22 ada outdoor Wisata Belanja di UFO dan tanggal 30 ada renang di tempat yang baru, untuk koordinasi keberangkatan renang diserahkan penuh pengaturannya kepada orang tua.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s