Lifeskill Activity berupa Cooking Class atau kegiatan belajar dengan melakukan (learning by doing) diberikan oleh Sekolah PG-TK Al Kalam kepada siswa TK B berupa memasak Ayam Goreng (Fried Chicken) ala Al Kalam, pada hari Jum’at (19/10/2012). Kegiatan makan bersama kali ini dikemas khusus dengan banyak melibatkan aktivitas pengolahan memasak oleh anak-anak, seperti menyiapkan nasi, siswa harus mengolah beras terlebih dahulu dalam tiap kelompok, kemudian menyiapkan minuman teh dengan membuat sendiri, guru hanya membantu memfasilitasi persediaan alat. Selanjutnya disajikan beberapa bumbu, tepung dan ayam goreng. Setelah diberi penjelasan teknik memasak ayam goreng yang benar, anak-anak langsung beraksi  melaburi ayam dengan tepung secara bergantian dan langsung diceburkan didalam wajan mendidih yang berisi minyak goreng.

Para ustadah sangat cermat dan telaten dalam melibatkan anak-anak beraktifitas memasak kali ini, karena anak-anak merasa antusias sekali belajar dengan cara seperti ini. Tanpa disadari dengan cepat anak-anak mulai mengenal nama aneka bahan dan bumbu, serta mampu secara langsung mempelajari teknik membumbui ayam dan melumuri ayam dengan tepung dari ustadah Fatma, yang saat itu menjadi Koordinator sekaligus Instruktur memasak. Dengan tekun pula ustadah Erni, Hani dan Ifa mendampingi anak-anak mulai dari mengolah beras, minuman teh dan mengolah ayam.

Saat itu anak-anak bak Chef atau juru masak handal, karena tiap anak mengenakan celemek agar bajunya tidak kotor. Canda dan senyum ceria selalu mengiringi  disetiap instruksi yang diberikan, karena memang mungkin selama ini mereka sebenarnya sudah tahu dan mungkin juga sering melihat ibu atau mama mereka masak didapur, tapi belum diberi kesempatan untuk membantu mamanya dirumah. Dan hari ini keinginan mereka untuk tahu secara langsung cara mengolah dan memasak nasi, lauk serta minuman, sudah terwujud.

Kepuasan tampak manakala masakan ayam goreng mereka yang dicelupkan diwajan sudah mulai matang, disini Ustadah Icha kebagian mengajari cara aman memasukan ayam kedalam wajan mendidih. Makan bersamapun siap dimulai, mereka sudah siap dengan nasi panas yang sudah matang, dan Teh manis yang sudah tersaji di meja makan. Kemudian satu-satu diberi ayam sedangkan sayur pada kegiatan makan bersama kali ini sudah disiapkan oleh Ustadah yang dimasak didapur sekolah, yakni Sayur Sop.

Mereka menikmati makanan dengan lahap, sambil bercanda beberapa anak mulutnya belepotan, tapi rata-rata semua sudah mandiri dan mampu untuk makan sendiri dengan tidak tumpah. Dan kegiatan ketrampilan seperti ini akan terus diupayakan oleh sekolah, agar anak mendapat ketrampilan hidup secara riil.

 GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s