Memperingati HUT RI ke 67 di bulan Ramadhan 1433 H, PG dan TK Islam Al Kalam menyelenggarakan aneka lomba untuk siswa dan orang tua diantaranya, Lomba hafalan surat pendek dari Al Qur’an, Lomba Menangkap Ikan, Lomba Fashion Show dan Lomba Mozaik. Kegiatan lomba yang dijadwal secara berturut mulai hari Rabu-Sabtu, 1 – 4 Agustus 2012, diikuti oleh sekitar 50 siswa dari PG, TK A dan TK B dengan suasana ceria dan penuh tantangan.

Perumusan materi lomba sudah dirancang khusus yang berorientasi memaksimalkan kemampuan kognitif dan motorik serta memupuk keberanian dan kepercayaan diri siswa. Tidak itu saja, dalam kegiatan lomba ini, pentingnya kehadiran, partisipasi dan dukungan orang tua (ibu) kepada putra-putrinya dalam aksi lomba, menjadi kunci utama kemenangan anak, terlebih jika anak gagal (belum) mencapai kemenangan.

Hari pertama, Rabu, 1 Agustus 2012, lomba Hafalan Surta Pendek, dengan ketentuan untuk Play Group menghafal 2 kalimat syahadat, TK A menghafal surat Al Fatihah dan TK B menghafal surat Al Lahab. Dengan kriteria penilaian pada aspek keberanian, kelancaran dan makhorijul huruf. Sebagai pemenang dalam lomba ini adalah Juara I hafalan surat Al Lahab dimenangkan oleh Putri (TK B), Juara II hafalan surat Al Fatihah dimenangkan oleh Abid (TK A) dan Juara III hafalan syahadat dimenangkan oleh Najla (PG) sedangkan Juara Nominasi diraih oleh Afza, Kelvin dan Risky.

Sedangkan dihari kedua, Kamis, 2 Agustus 2012, lomba menangkap ikan, yang berjalan lucu, menggemaskan dan penuh sorak sorai dari penonton, khususnya orang tua peserta lomba, anak-anakpun jadi basah-basahan. Tapi panitia sudah menginformasikan bahwa saat lomba, siswa memakai baju olah raga dan membawa baju ganti. Aturan main diterapkan sederhana, saat babak penyisihan, siswa diadu antar kelas seperti PG lawan PG dan seterusnya. Tingkat kesulitan dalam berlomba diperlunak dengan mengurangi banyaknya air dibak, dan target ikan yang ditangkap minimal 2-3 ekor. Sedangkan untuk TK A dan TK B, mereka harus menangkap (menghabiskan) ikan didalam bak dipindah dibak lain semuanya, siapa cepat dia yang menang.

Di babak penyisihan, panitia tidak mempersoalkan siswa PG melawan TK A atau TK B, yang penting untuk PG airnya lebih sedikit, isi ikan lebih banyak. Sedangkan TK, airnya lebih banyak dan Ikannya terbatas. Tampil sebagai pemenang dalam lomba ini adalah juara I dimenangkan oleh Ananda Badai (TK A), Juara II, Ananda Hafidz (TK B) dan Juara III, Ananda Aji dari PG.

Dihari ketiga, Jum’at, 3 Agustus 2012, tampil heboh pada lomba Fashion show Ibu dan Anak, para peserta tampak jor-joran untuk bisa tampil serasi dengan putra dan putri mereka, dan banyak pula siswa yang tampil tanpa didampingi orang tuanya. Tapi hal itu tidak mengurangi semangat berfashion show, mereka tetap tampil cantik dan tampan dengan balutan baju muslim desain terbaru tahun 2012. Dentuman house music mengiringi penampilan peserta lomba, dan tak ayal beberapa ibu-ibu tampil heboh dengan lenggak lenggok serta gaya bak foto model. Dan tampil sebagai pemenangan pasangan yang serasi, berani dan memikat, Juara I diraih Ibunda dan Ananda Salwa (TK A), sedangkan juara II, diraih Ibunda dan Ananda Luna (TK B) dan Juara III, diraih oleh Ibunda dan Ananda Kembar Raja-Raju. Dan sebagai juara nominasi diraih oleh Ibunda dan Ananda Shafa-Shifa, Faren dan Najla.

Dihari Terakhir, Sabtu, 4 Agustus 2012, lomba desain Mozaik, dengan bahan kertas warna, menggunakan teknik menggunting dan menempel, orang tua dan anak ditantang untuk kompak dan bekerjasama serta rapi dalam berkarya, dengan ketentuan peran anak tetap dioptimalkan agar lebih dominan beraktifitas menggunting dan menempel. Seru sekali pada lomba ini, tantangan eksplorasi motorik siswa tampak dalam melipat, menggunting dan menempel serta mengatur desain mozaiknya. Sebagai pemenang dalam lomba ini, Juara I diraih oleh Ibunda dan Ananda Delisa (TK B), Juara II diraih oleh Ibunda dan Ananda Putri (TK A), dan Juara III diraih oleh Ibunda dan Ananda Fadhila (TK B). sedangkan untuk juara nominasi diberikan kepada Ibunda dan Ananda Harun serta Bimbim. Dan diinformasikan dalam setiap kesempatan setelah lomba, bahwa hadiah akan diberikan esok tepat puncak acara sebelum berbuka bersama di acara Sparkling Romadhon, bertema Berbagi bersama Kaum Dhuafa, pada tanggal 8/8/2012.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s