Pertemuan awal semester dengan seluruh wali murid PG, TK A dan TK B, yang diadakan pada Rabu, 25 Juli 2012 bertempat di pelataran sekolah PG-TK Al Kalam, dengan agenda Parenting Education dan pembentukan komite sekolah yang baru di tahun pelajaran 2012-2013, diikuti oleh sekitar 70 orang tua yang hampir seluruhnya kaum ibu. Program seri Parenting Education yang rutin dibina oleh Konselor dan Konsultan Sekolah, Ustad Achung dimulai pukul 08.15 WIB, Hari itu langsung dibuka oleh Ustadah Fatma, selaku koordinator guru atau wakil kepala sekolah.

Setelah menyapa dan ucap salam kepada hadirin, Ustadah fatma langsung mempersilahkan ustad Isa Ansori, selaku kepala sekolah, untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau mengharapkan orang tua kelak harus berperan aktif di forum pembinaan orang tua seperti saat ini, dan mengharapkan orang tua juga harus peduli terhadap sekolah, dengan selalu mendukung dan berpartisipasi penuh dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah, Papar Isa.

Ditambahkan oleh Isa bahwa anak kita sekarang sudah pinter semua, dan jika mereka “nakal” pun, memang harus dipahami sebagai fase awal yang harus mereka lalui. Mereka juga tidak bisa dilarang dengan kalimat tidak boleh atau jangan, karena mereka akan semakin penasaran dan berkekuatan besar untuk mencari tahu kenapa kok dilarang.

Selang kemudian, sambutan dan materi inti, parenting education oleh Ustad Nasrul Huda, S.Psi. atau yang biasa dipanggil Ustad Achung. Dalam paparan materi kali ini yang bertema  Sabar Melalui Fase Nakal Anak. Yang digambarkan segitiga, ditiap sudutnya terumus ABC’S (Affection, Behavior, Cognitive dan Sosial) artinya, saat ini anak-anak setelah dites IQ ternyata OK semua, maka tugas orang tua selanjutnya adalah menjaga emosi dan perilaku anak agar IQnya tidak ‘gandoli’ hal tersebut. Jika anak sedih, cemas, merasa tidak nyaman, dan hilang keceriaannya, ini merupakan awal buruk bagi perkembangan IQ anak. Begitu juga perilaku ketidak mandirian anak tanpa tidak sadar orang tua memupuknya dengan memanjakan dan mengasihani mereka, seperti makan disuap, tas dibawakan, tidak dilatih pake baju dan sepatu sendiri, tegas Achung.

Lebih jauh ustad Achung menjelaskan tentang parameter anak yang Oke itu ialah, dia sukses dalam interaksi sosialnya, seperti, punya teman lebih dari 2, dan namanya dikenal oleh orang lain. Serta atribut diri yang positif lainnya seperti selalu tampak ceria, tidak tergantung pada orang dewasa, tidak menyendiri, mampu mengontrol marah dan frustasi, humoris dan tidak gampang digertak atau ditakuti.

Diakhir materi ustad Achung mengingatkan agar selalu sabar menghadapi kenakalan anak-anak, yang notabene, mereka memang harus melalui fase ini. Jika kita sabar maka nakal mereka akan reda, tapi jika kita semakin berang / tidak sabar, maka nakal mereka akan menjadi kenakalan yang benar-benar terwujud seperti apa yang dikhawatirkan orang tua.

Setelah sesi parenting education, oleh Ustad Achung, acara berlanjut dengan paparan info kegiatan selama bulan romadhon oleh Ustadah Icha dan Ustadah Fatma. Dan dilanjutkan dengan pemilihan pengurus komite sekolah tahun pelajaran 2012-2013. Dalam informasi tersebut tertuang beberapa kegiatan seperti lomba-lomba (sambut hari kemerdekaan RI ke 67) yaitu, hafalan surat, menangkap ikan, fashion show ibu dan anak, desain mozaik serta Pentas Seni Sparkling Romadhon bersama Kaum Jompo dan Dhuafa. Secara detail ustadah Icha menerangkan sekaligus berkenalan dengan wali murid baru dan lama (yang belum tahu) bahwa mulai tahun ajaran ini, beliau akan hadir disekolah 2 kali dalam satu minggu, dihari Rabu dan Jum’at. Begitu pula Ustadah Fatma, lebih dalam memaparkan rencana kegiatan sparkling ramadhan dengan berbagi bersama kaum dhuafa, membutuhkan bantuan orang tua untuk menyemarakkan acara itu, dalam pengelolaan sumbangan berupa uang dan sembako.

Acara ditutup dengan Pemilihan pengurus Komite baru tahun ajaran 2012-2013 yang berjalan cepat dan lancar, dengan cara pemilihan langsung, terpilih ketua komite baru, yaitu Mama UCI bunda dari Ananda Harun memperoleh 17 suara, yang berdampingan dengan Mama Anita bunda dari Ananda Kembar Shafa dan Shifa yang memperoleh 14 suara. Di sekretaris ada Mama Hastuti bunda dari Ananda Axel dan bendaharanya Mama Jumila, bunda dari Brian yang hari itu tidak hadir tapi siap ditunjuk sebagai pengurus komite tahun ini. Beberapa nama tampil mendukung di sie sosial, pendidikan dan humas. Ada Bunda dari Ananda Luna, Bayu, Farras, Nanda, Kelvin dan Fadhila.

Dan setelah diberi amanah ini, komite sekolah langsung rapat dan bekerja guna menyongsong agenda kegiatan dibulan romadhon ini. Seperti berbuka puasa bersama dan lomba-lomba, serta saling berkoordinasi dalam setiap kegiatan sekolah yang akan datang. Nama-nama pengurus yang tersebut diatas telah mewakili koordinator di PG, TK A dan TK B. Selamat, bertugas Bunda… (@)

BERITA TERKAIT : KOMITE SEKOLAH JILID 2

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s