Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun pelajaran 2012-2013 siswa PG dan TK Al Kalam selama 3 hari, mulai senin-rabu, 9-11 Juli 2012 berisi kegiatan perkenalan diri, orang lain, guru serta lingkungan sekolah. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 40 siswa, dimulai pukul 07.30 WIB – 09.00 WIB, mengenakan seragam sekolah sesuai dengan jadwalnya, yakni seragam biru corak putih, dan merah.

Pagi itu setiap anak yang datang langsung disambut oleh seluruh ustadah dengan senyum, sapa dan salam, lalu dikondisikan untuk sikap berdoa mengawali pelajaran hari pertama. Jadwal untuk hari ini adalah siswa diberi label nama dalam bentuk bintang dan matahari. Tampak ustadah Ifa melayani dan memandu siswa PG baru, sedangkan ustadah Uci memandu kelas TK A dibantu oleh Ustadah Erni, Ummu dan Fiti.

Anak-anak diajak bernyanyi bersama sambil sesekali beberapa anak menangis dan rewel minta selalu didampingi ibunya. Tapi hal ini bisa diatasi oleh ustadah Fatma dibantu Ustad Achung yang kebetulan hari ini hadir untuk mengobservasi sikap (reaksi) beberapa anak dihari pertama belajar dan bersama teman baru. Tampak diluar orang tua masih banyak yang menunggui dengan menyaksikan (mengintip) dari pintu gerbang.

Beberapa kegiatan selain bernyanyi dan berdoa adalah berlatih berbaris dan memahami tradisi kebiasaan harian sekolah seperti perintah dan instruksi-instruksi baris, berdoa, tertib dan yel-yel penyemangat. Setelah itu mereka dibagi dalam kelompok kelas yang diberi nama Gatot Kaca dan Srikandi, untuk PG. Sedangkan untuk TK A (2 kelompok) Sun dan Star. Selanjutnya mereka dikondisikan untuk masuk kedalam kelas dalam antrian seperti kereta api, hampir seluruh instruksi dan perintah berbaris menggunakan bilingual (2 bahasa) Inggris dan Indonesia.

Sebelum memasuki kelas ada seremoni gunting pita sambil berdoa dan setelah masuk mereka dikenalkan dengan rak dan tempat anak menyimpan barang dan perbekalan serta bahan-bahan belajar serta alat tulis. Merekapun kembali menyanyi dan terakhir makan bersama dengan membuka bekal bawaan jajan sendiri-sendiri. Lalu lalang orang tua cukup mewarnai dihari pertama, karena mereka bisa jadi belum tataq. Sebelum usai MOS hari I, tiap anak dikondisikan untuk foto tunggal dan menerima balon kenangan untuk dibawa pulang.

Sedangkan dihari kedua, tanggal 10 Juli 2012 anak-anak difokuskan untuk bermain sambil belajar seperti menggambar dan mewarnai serta pembiasaan aturan di kelas dan lingkungan sekolah. Dihari ketiga, ada acara khusus yakni pelepasan burung yang dikakinya diikat sebuah cita-cita kelak mereka besar nanti. Beragam cita-cita tertulis, seperti dokter, tentara, guru dan lain-lain. Tapi sebelum acara dimulai dulu dengan ceramah motivasi dari ustadah Icha yang hari itu banyak memberi nasehat dan cerita yang motifatif. Anak diminta harus berani, rajin belajar, dan semangat bersekolah. Dan sebelum pulang dilakukan prosesi pelepasan burung yang sudah disediakan oleh sekolah dalam satu sangkar besar berisi sekitar puluhan burung. Kemudian tiap anak memberikan cita-citanya, kepada ustad Achung, ustadah Erni dan Ana dibantu ustadah fatma mengikatkan cita-cita tersebut dikaki burung,  siswa pun melepas burung tersebut keudara membawa cita-citanya.

Hiruk pikuk kelucuan dan ketakutan anak dalam memegang burung menjadi kenangan tersendiri bagi siswa baru kali ini. Orang tua dan ustadahnya hanya menuruti mau mereka. Satu persatu anak melepas dan melihat burungnya terbang dan hinggap dipepohanan yang ada. Dan langsung pamit untuk pulang. Suasana jadi heboh manakala burung yang belum diikat cita-cita lepas sendiri dan terbang, mereka nangis minta ganti. Ada pula burung yang di genggam “diprekes”. Tapi rata-rata sudah banyak yang berani memegang burung. SELAMAT BELAJAR NAK …  (@)

GALLERY PHOTO :

2 responses »

  1. ayah maulana bayu says:

    Alkalam……….smoga makin maju

  2. smoga lebih sukses lagi salam manis dari ustdzah indah untuk semua guru dan staf al kalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s