Masa Liburan, sebelum memasuki hari efektif belajar (tanggal 9 Juli 2012) di semester I tahun pelajaran 2012-2013, PG-TK Al Kalam mengadakan Rapat kerja semester Gasal pada hari Jum’at, 6 Juli 2012 bertempat di pelataran sekolah, diikuti oleh seluruh guru. Raker yang dipandu langsung oleh Ustad Achung, selaku Konselor dan Konsultan Pendidikan di PG-TK Al Kalam dibantu oleh Ustadah Icha selaku programmer, tim perencana kurikulum. Rapat Kerja yang pertama kali ini berjalan dengan serius dan penuh perhatian.

Rapat Kerja hari ini menjadi momen penting bagi sekolah yang berada dikawasan Gadel Sari Madya Surabaya, karena tahun ajaran ini, sekolah sudah melakukan pemenuhan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang belajar, dengan penataan ruang yang rapi hingga tampil bersih dan asri.

Pagi itu, pukul 09.00 WIB, rapat kerja dimulai dengan agenda pembagian tim yang mempunyai tugas dan peran disetiap kegiatan penting sekolah selama setahun kedepan yang di Brake Down per semester (Juli – Desember 2012 dan Januari – Juni 2013). Hal ini menjadi baru, manakala selama ini beban kerja dan tugas, tersentral di kepala sekolah. Komposisi tugas dirancang dalam bentuk komisi-komisi dan mereka mengadakan Rapat antar Komisi terlebih dahulu sebelum di floor di acara Rapat Pleno.

Komisi I yang bertanggung jawab di PHBI dan Al Islam, dikoordinatori oleh Ustadah Ifa, Komisi 2 yang bertanggung jawab di Lomba-Lomba Intern dan Ekstern, dikoordinatori oleh Ustadah Umu, Komisi 3 yang bertanggung jawab di Mading, dikoordinatori oleh Ustadah Hanifah, Komisi 4 yang bertanggung jawab di Kurikulum, dikoordinatori oleh Ustadah Icha dan Erni, Komisi 5 yang bertanggung jawab di HAN dan UN, dikoordinatori oleh Ustadah Uci, Komisi 6 yang bertanggung jawab di Kegiatan Outdoor, dikoordinatori oleh Ustadah Fatma, Komisi 7 yang bertanggung jawab di Pengadaan Media Pembelajaran, dikoordinatori oleh Ustadah Ana. Sedangkan Komisi 8 yang bertanggung jawab di Ekstra kurikuler, dikoordinatori oleh Ustadah Fiti.

Setelah terbentuk tim kerja, Ustad Achung memberikan waktu penuh sekitar 2 jam kepada masing-masing komisi yang berkolaborasi untuk menyiapkan rencana program kegiatan sekolah hingga batas waktu makan siang. Pagi itu sidang komisi berjalan gayeng dengan ditemani kue gorengan, teh dan Air Mineral. Semua bekerja dan focus pada bidang garap masing-masing, Ustad Achung bekerja mobile ditiap komisi yang berunding secara terpisah, sambil memberikan lembaran panduan dalam menyusun kegiatan.

Sekitar pukul 12.30, setelah makan siang, peserta raker berkumpul untuk rapat pleno dan dilakukan hearing atau dengar pendapat usulan dari tiap komisi agenda acara semester gasal (sampai desember saja) dan setelah tuntas pemaparan agenda program dari masing-masing komisi, rapat komisi menjadi focus saat paparan Komisi Kurikulum oleh Ustadah Icha, yang nota bene selama ini, kurikulum masih dipandang belum terfokus pada identitas sekolah yang terjelma pada visi dan misi sekolah, hingga idealnya Kurikulum tidak “ngombro-ngombro” yang masih tambal sulam menyesuaikan kurikulum Diknas dan Kemenag. Diskusi ini dipantau langsung oleh Ustad Achung, yang selama ini terus membenahi kekurangan-kekurangan yang ada. Dan saat ini keputan final masih mengambil jalan tengah, menggunakan kurikulum generic yang dirasa masih pas dan efektif diterapkan.

Kesimpulkan sementara, bahwa tim secara keseluruhan masih perlu belajar banyak tentang materi kurikulum, dan hal ini tidak harus dimengerti oleh kepala sekolah saja. Semua butuh pencerahan tentang penguasaan penyusunan kurikulum, Promes, RKM dan RKH, kata ustad Achung.

Dan yang menjadi fokus utama dari Ustad Achung, bahwa  kurikulum dan seterusnya itu pada prinsipnya menyesuaikan dengan kondisi dan ciri setiap sekolah, semuanya mengacu pada apa visi dan misi sekolah. Serta mentargetkan pencapaian prestasi anak yang lebih realistis, tidak membumbung, tegas Ustad Achung.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s