Anak berfikir secara konkrit atau nyata, sehingga pembelajaran yang efektif bagi anak adalah learning by doing, apalagi si anak ada kecenderungan memiliki kecerdasan kinestetik, yaitu inginnya selalu bergerak jalan, lari atau berputar-putar.

Maka pada hari Rabu (14/12/2011), sekitar 35 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok, terdiri dari 15 putri dan 20 putra, beserta 8 personel guru pendamping, mengikuti acara tahunan Ikatan Guru Raudathul Athfal (IGRA) Surabaya, berupa Manasik Haji Cilik, yang dilakukan di Masjid Agung Al Akbar Pagesangan Surabaya, bersama ratusan sekolah TK/RA seluruh Jawa Timur.

Tepat pukul 05.30 WIB, rombongan haji cilik kloter PG/TK Islam Al Kalam, berangkat dengan mengendarai 3 pesawat Lyon LMJ terbang menuju Arab Suadi tepatnya di Mekkah al Mukarammah. Dengan kostum ihram serba putih, rombongan beratribut pita merah putih ala bando, tampak mereka ceria dan senang sekali.

Sesampai dilokasi, rombongan jamaah haji mulai di risaukan dengan urusan administrasi yang memakan waktu lama sekali, hingga mendapat no urut 31,32 dan 33, ini masih bersyukur karena akan melakukan  ibadah haji sekitar pukul 09.30 WIB. sambil menunggu anak-anak diberi arahan untuk tertib dan menghafal kembali bacaan-bacaan yang sudah dihafal. tiap kelompok didampingi oleh 2 guru pendampin. Seluruh guru, hari itu hadir semua, diantaranya ustadah Uci, Ana, Ifa, Erni, Atin, Fiti, Fatma dan ustadah Ica.

Dan Alhamdulillah sekitar kurang lebih 1 jam anak-anak menjalan ibadah haji dengan rasa capek dan letih serta lapar, ini diungkapkan oleh ferdi dan eka yang sambil menangis minta makan, padahal mereka sudah diberi snack dan susu, oleh sekolah dan disumbang pula oleh anggota komite sekolah, Bunda Bintang dan Bunda Ryan. Dan yang lucu 2 anak masuk angin, Fauzi dan Ridho karena belum terbiasa bertelanjang badan, lalu di blonyoi minyak angin oleh ustadah Ana.

Dipenghujung acara, Ustadah Fatma, selaku Kordinator Lapangan mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini agar anak merasakan dan tahu hafalan Rukun Islam yang kelima mereka selama ini. Dan panitia berharap anak-anak bisa mengambil pelajaran dari kegiatan ini. Tak lupa beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh ustadah dan orang tua, yang turut hadir mengantar dan mendampingi, sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik, dan esok kegiatan ini akan dipilih kembali diajang kompetisi lebih spesifik di beberapa bulan kedepan, dan mudah-mudahan PG/TK Islam Al Kalam, sebagai sekolah Unggulan, dipercaya kembali mewakili lomba ditingkat daerah atau wilayah, tegas Fatma. (@)

GALLERY PHOTO :

2 responses »

  1. Erik sapta says:

    Cara pengajaran yang bagus.., untuk memberikan dasar pengetahuan agama untuk bekal hidup murid – murid tersayang.

  2. eriksapta says:

    Ass Wr Wb, dengan adanya website ini kami orang tua menjadi lebih tenang karena bisa memantau dg intensif perkembangan putri kami vania, semoga PG & TK AL- KALAM terus melakukan trobosan inofasi untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas dari seluruh anak didiknya…Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s