Kegiatan pembelajaran dengan cara learning by doing lebih efektif mampu memahamkan anak dengan lebih mudah dan alamiah. Anak dikondisikan tidak terasa telah menguasai salah satu ketrampilan hidup. Hal inilah yang dilakukan oleh 4 siswa Play Group (PG) Al Kalam, diantaranya Adit, Brian, Salwa dan Aisyah yang berusia 2-4 tahun, pada hari ini kamis, 8 Desember 2011, melakukan aksi membuat jus buah naga, apukat, jeruk dan  apel.

Kegiatan yang dibimbing langsung oleh gurunya, ustadah Ifa dan ustadah Fatma, berlangsung menantang karena setiap siswa diberi kesempatan melakukan aksi mengupas dan mengiris buah, memasukan ke Blender, mencapur susu dan gula kemudian langsung menyalakan mesin dan terakhir merasakan atau mencicipi hasil olahan mereka, apakah sudah manis dan enak atau belum.

Menurut ustadah Ifa, wali kelas PG, kegiatan ini mengambil tema mengenal buah dan pemanfaatannya. Dengan tujuan agar anak mengenal lebih dalam, tidak hanya sekedar dari kulit luarnya, melainkan membuka dan melihat biji dan bentuk buah yang sedang diolah saat ini. Anak-anak tampak ceria dan senang melakukan aktifitas ini, karena belum tentu mereka diperbolehkan melakukan hal ini di rumah.

Sedangkan keesokan harinya, tanggal 9 Desember 2011, diadakan acara yang sama untuk kelas Rohim, yang terdiri dari 5 siswa bernama, Fatwa, Maulana, N.A. Salwa, Aqilla dan Keysa. Sedangkan Nazla berhalangan hadir karena sakit. mereka membuat jus yang sama yaitu, apel, alpukat dan jeruk. dan saat selesai membuat jus, ketika diminum bersama terasa kurang manis, karena kurang gula. (@)

GALLERY PHOTO :

One response »

  1. Erik sapta says:

    Good, semoga slalu ada inofasi baru untuk anak – anak harapan bangsa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s