Program rutin Parenting Education yaitu pembinaan untuk orang tua murid yang dibina oleh Ustad Nasrul Huda, S.Psi. yang biasa dipanggil Ustad Achung pada hari Selasa (22/11/11) diadakan di pelataran sekolah bareng dengan pemberian informasi agenda kegiatan sekolah oleh Kepala Sekolah kepada seluruh orang tua murid yang hadir saat itu.

Acara diawali dengan pembukaan oleh siswi TK B, dan diselingi dengan tampilan 2 siswa Nabila dan Nina, Mengaji dan menyanyi. sengaja ini ditampilkan agar anak-anak mulai dilatih tampil didepan audien. dan selanjutnya pemaparan agenda kegiatan sekolah oleh Ustad Isa dan Ustadah Fatma, yaitu program ekstra renang dan menari yang segera ditindak lanjuti mulai bulan November ini, anak-anak sudah mulai mengikuti program tersebut. Sedangkan kegiatan lomba jalan sehat yang diadakan oleh IGRA untuk seluruh siswa TK Raudhatul Athfal di Taman Hiburan Rakyat (THR) Kusuma Bangsa, akan diikuti oleh sebagian siswa dengan mengenakan kostum menyesuaikan tema hari Pahlawan. Dan yang terakhir info untuk pas foto siswa PG dan TK yang akan dijadwalkan minggu depan, tepatnya tanggal 29 november 2011. Kaitan biaya foto, kostum Jalan sehat dan kegiatan ekstra dibahas langsung diforum ini karena kebetulan ustad Achung datang terlambat hari itu.

Sekitar pukul 09.30 seiring kehadiran ustad Achung, langsung didaulat untuk menyampaikan materi Parenting, yang kebetulan saat itu materi parenting telah difotocopy oleh Ustad Achung dan dibagikan kepada seluruh orang tua, dan ditawarkan apabila ada yang berminat, mereka diperkenankan untuk mengganti copy an buku tersebut sebesar Rp.5.000,-. Dan bagi yang tidak berminat, dapat dikembalikan lagi ke Ustadah Fatma.

Ustad Achung langsung memaparkan isi buku fotocopy tersebut yang bertema BERKOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN ANAK. Yang sebenarnya buku ini berisi Tips ringan dan bimbingan untuk orang tua agar tahu cara mengajari bicara atau berkomunikasi yang baik dengan anak, terkhusus terhadap anak Bayi dan Balita.

Agar anak cepat bicara diusia beberapa bulan, lakukan obrolan-obrolan singkat, seolah anak kita sudah mengerti, atau tirukan suara-suara yang keluar dari mulut si anak jika mereka mengeluarkan suara. Dan pantangan bagi orang tua, ngrasani anak jelek dengan orang lain atau tamu, ketika ada / dekat mereka. Tapi jika yang diobrolkan positif dalam bentuk pujian dan dukungan, maka sah untuk didengar mereka.

Untuk membangkitkan rasa percaya diri agar anak lancar berbicara, latih mereka untuk menyampaikan pesan singkat dan sederhana, semisal : Andi, Bilang Ayah : “Waktunya makan malam”. Tapi jangan terlalu panjang seperti : “Andi tolong bilang Ayah bahwa makanan sudah siap dan mari kita makan bersama”.

Anak-anak butuh seseorang untuk diajak bicara, jadi jangan pelit untuk ngobrol dengan anak walau kita sudah capek setelah bekerja. Kebanyakan, jika anak sudah terbiasa ditinggal sendiri maka mereka akan asyik diam atau sambil bicara sendiri dengan mainannya (benda mati). Hal ini cenderung membuat anak kelak akan jadi tipe pendiam dan penyendiri. Kalau orang tua tanggap, mereka bisa nimbrung langsung menjadi benda mainan tersebut dan ngobrol dengan anak kita menyesuaikan tema yang kita buat bebas. Bisa jadi anak anda akan mengangguk, mengangkat bahu atau menatap anda. Hal itu pun adalah respon bentuk komunikasi dari mereka pada awalnya.

Anak cenderung meniru, maka tirukan apa yang mereka lakukan, maka ajaib mereka akan merespon kita dengan melakukan suatu pembicaraan. Dan usahakan kita sebagai orang tua yang minimal ngomong (respon minimal) dan biarkan anak kita yang banyak ngomongnya.

Diakhir materi, ustad Achung menyampaikan, Pantangan untuk orang tua apabila anak cedal ngomongnya, kita ikut-ikutan cedal. Maka hal itu tidak memberikan pembelajaran yang betul buat anak. Dan jangan pula cerewet mengoreksi kecedalan anak untuk dituntut ngomong yang betul saat itu, karena semua masih proses dan membutuhkan waktu, dan lama-lama pasti bisa, seiring perkembangan dan pertumbuhan mereka. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s