Kegiatan Refreshing Program guru-guru IGRA gugus 2, yang dimotori oleh ibu Yuli (Kepsek PG/TK Al Ahmadi), pada hari minggu, 20 November 2011, yang saat ini diundang tasyakuran oleh ibu Yono, salah seorang mantan pengurus IGRA dan pensiunan guru TK yang saat ini pindah mengikuti suami di Malang. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 70 guru dari 31 TK sewilayah Surabaya bagian utara, mengendarai bus pariwisata, rencananya akan diisi oleh kegiatan outbound low risk, yang dibina oleh Ustad Achung, atas usulan Ustad Isa, selaku anggota IGRA sekaligus kepala sekolah PG/TK Islam Al Kalam.

Hari itu bis standby di daerah UFO Jl. Manukan Kulon dan peserta sudah berkumpul, sekitar pukul 08.00 WIB. Rombonganpun tak lama kemudian meluncur menuju kota Malang. Didalam bus peserta dihibur dengan sajian film Anak berjudul Daddy Day Care, yang menceritakan tentang lika-liku seorang ayah yang  mendirikan rumah penitipan anak. Dan sekitar pukul 10.30 WIB. Selang beberapa lama, tibalah Bus sampai di lokasi rumah Pak Yono, yang cukup luas areal tanahnya. Setelah Ibu-Ibu masuk dan menyalami bu Yono, Ustad Achung dan Ustad Isa, langsung orientasi lapangan untuk menakar rencana game apa yang  cocok  disajikan untuk materi outbound.

Setelah menikmati hidangan kue dan minuman, acarapun dibuka oleh ustad Isa dengan penawaran materi outbound kepada peserta yang rata-rata kebanyakan kepala sekolah dan guru. Materi tidak dipaksakan,  akan tetapi ditawarkan kepada seluruh peserta yang hadir, apabila berkenan ikut materi dipersilakan keluar ruangan dan yang tidak berkenan, dipersilakan tetap tinggal atau dibolehkan hanya nonton saja.

Ternyata antusiasme peserta yang ikut hampir 90%, dan langsung aja Ustad Achung memulai dengan permainan tukar sandal/sepatu, dan permainan urutan yaitu permainan komunikasi dan perkenalan. Permainan berjalan seru dan menyenangkan. Setelah lelah bermain, peserta kembali masuk kedalam rumah tapi sebelumnya mencicipi hidangan rujak buah manis.

Pak achung bersama ustad Isa langsung merefleksi permainan yang telah disajikan dan syukurlah diskusi berjalan lancar, karena seluruh peserta sangat partisipatif terlibat dalam pertukaran pendapat tentang belajar apa hari itu. Materi perkenalan berjalan bergantian antar satu dengan lainnya, menceritakan kelebihan dan nilai plus sekolah partner yang baru dikenal.

Acarapun diakhiri dengan tepuk tangan semangat kekeluargaan, hal ini baru bisa dirasakan sekarang, karena dikebiasaan yang lalu, biasanya tidak ada materi pembelajaran. Hanya sekedar rekreasi. Ungkap Yuli ketua IGRA Gugus 2. Berikutnya acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan nasi kotak.

Rombongan langsung kembali ke Surabaya, tapi sempat mampir dulu di Masjid Chenghoo Pandaan yang berdekatan dengan Neo Bakpo telo dan Pasar pandaan. Setelah berbelanja rombongan langsung balik menuju Surabaya dan tiba kembali di UFO sekitar pukul 19.30 WIB.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s