Sehari sebelum Hari Raya Idul Adha 1432 H, seluruh siswa PG/TK Islam Al Kalam, pada hari sabtu, 5 November 2011 mendapat pembinaan tentang sholat hari raya, oleh Ustadah Nur Fatmawati, S.Ag. Dengan dibantu oleh seluruh guru, semua siswa mulai PG sampai TK, ikut bareng dalam kegiatan yang bertujuan agar anak-anak mengerti tentang sholat hari raya yang hanya beda di jumlah rakaatnya dengan sholat wajib.

Seluruh siswa sudah diumumkan sebelumnya kalau hari sabtu siswa putri harus membawa mukena dan sajadah. Sehingga hari itu semua siswa kompak dengan busana muslimnya, dan siap mengikuti kegiatan pembinaan sholat hari raya. Diawali dengan pengarahan dari Ustadah Fatma, agar siswa nantinya tertib diam mendengarkan penjelasan dan peragaan sholat oleh Ustadah Fatma.

Namanya anak, walau sudah diberitahu untuk diam, masih saja tetap ada yang ramai dan saat itu peran ustadah pendamping mengarahkan dan membetulkan gerakan-gerakan yang salah. Dan langsung aja ustadah fatma secara runut memberikan contoh sholat yang benar sesuai tuntunan rosulullah Muhammad SAW. Melihat gaya sholat mereka, memang tampak lucu dan menggemaskan, dengan tidak teratur dan semaunya sendiri, para ustadah pun dengan ramah mengarahkan dan mengajari mereka gerakan yang benar dan memberitahu pantangan perilaku yang dilakukan diluar gerakan sholat.

Setelah mengajari sholat, ustadah Fatma memberikan cerita sedikit tentan makna idul qurban dan cerita mengapa kita mendapat tuntunan menyembelih hewan kambing atau sapi. Diumumkan pula kalau besok PG/TK Islam Al Kalam secara pribadi, keluarga Ustad Isa akan mengadakan penyembelihan hewan qurban besok pagi di sekolah PG/TK Islam Al Kalam Gadel Sari Madya Surabaya. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s