Kegiatan belajar diluar kelas siswa-siswi PG/TK Al Islam Kalam, dengan mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, pada hari Sabtu (22/10/11), diikuti oleh sekitar 75 siswa dan 8 orang pendamping dari guru dan karyawan, serta ditemani sebagian besar orang tua. Kegiatan belajar yang bertujuan agar anak mengenal lebih dekat aneka binatang yang ada, merupakan agenda rutin per semester, menyesuaikan tema pembelajaran, ungkap Ustadah Anna, Selaku Ketua Koordinator kegian kali ini.

Ditambahkan Anna, bahwa hari ini anak-anak akan difokuskan hanya melihat dan mengamati hewan buas dan hewan peliharaan. Rute perjalanan keliling nanti sudah diatur, sesuai rencana survey yang dilakukan pada hari senin yang lalu, H -5 sebelum acara, tambah ustadah imut yang sudah mengajar di PG/TK Al Kalam, sejak sekolah ini berdiri.

Kegiatan yang dimulai dengan berkumpul di sekolah dan dilakukan pembagian kelompok sesuai kelas masing-masing, Rabbit dan Little Chicken Class (utk TK A), Penguin dan Butterfly Class (TK B) serta Rahman dan Rohim Group (PG). dikomandani langsung oleh Ustadah-Ustadahnya, Ustadah Uci dan Anna TK B, Ustadah Erni dan Fatma, TK A, Ustadah Ifa di PG, serta Bu Hesti dan Bu Fiti mem back up di perlengkapan.

Rombongan berangkat dikomandani langsung oleh ustad Isa, dengan mengendarai 5 Armada JMP, dan meluncur menuju KBS Surabaya, dan tiba sekitar pukul 08.30 WIB. Dilokasi sudah ditunggu Ustad Achung, selaku pemandu acara Game, beliau langsung masuk mencari tempat berkumpul dengan menggelar terpal ukuran besar. Sembari menunggu antrian karcis berupa stiker gelang seharga Rp. 15.000,- yang dipasangkan langsung ditangan anak-anak oleh petugas KBS.

Setelah masuk, anak-anak dikondisikan duduk oleh ustadah pendamping dengan arahan dari Ustad Achung, dan langsung di pecah kebekuan (ice breaker) dengan bermain Tepuk Lampu lalu lintas. Sejenak anak-anak mulai fokus satu arah dan semangat mengikuti instruksi secara massal, ustad yang bertubuh tambun ini langsung memulai permainan simpei / hula hop, saat mereka berdiri baris, dan berpegangan tangan, memindahkan hula hop dari ujung ke ujung, masuk melalui seluruh badan peserta mulai dari kepala atau kaki. Tampak keceriaan anak-anak saat bermain, orang tua dan guru hanya tersenyum dan tertawa lebar saat putra-putri mereka ada yang bingung mainnya, masuk 2 orang dalam satu lubang, ada yang membantu temannya, dan ternyata kelompok Penguin selalu unggul (kompak) dalam permainan ini. Kemudian ada sumbangan dari salah satu siswa TK B, bernama Sabrina yang akrab dipanggil Nina, menyumbangkan cerita tentang semut dan kupu-kupu.

Ini merupakan materi lomba cerita di IGRA se kota Surabaya, dan Nina meraih juara II, dan akan maju untuk seleksi tingkat propinsi, jika menang akan menjadi wakil dari Jawa Timur, tanding di Jakarta.

Setelah dirasa cukup, anak-anak diminta istirahat dan diarahkan untuk sarapan pagi terlebih dahulu, dengan menu khas ayam kecap dan mie, ueenak tenan. Setelah capek  saat perjalanan dan menunggu antri karcis. Tampak banyak siswa yang sudah mulai mandiri dengan makan sendiri, walau mulut cemot dan tangan ceteh semua. Dan masih ada anak-anak yang seharusnya sudah bisa makan sendiri, tapi orang tua tidak serantan, lalu turut menyuapi.

Tepat pukul 10.00 WIB, anak-anak mulai bergerak keliling, dipandu dengan ustadahnya masing-masing, di rute awal, anak-anak banyak menyaksikan aneka burung, seperti burung onta, merak, ayam ketawa dan ayam kalkun. Beberapa anak mencoba berbincang-bincang dengan kalkun dengan menirukan suara kalkun, kluk .. kluk .. kluk .. kluk.. kluk .. dan herannya disahuti oleh si kalkun. Anak-anak tersebut langsung merenges.

Ustad Isa dan Achung serta Ustadah Fatwa, secara bergantian, turut menjelaskan dan mengenalkan aneka hewan yang dilalui melalui megaphone, dan sering mengingatkan orang tua, agar tidak terlalu dekat dengan anak-anak, karena dapat memecah konsentrasi si anak dan tidak fokus dalam kelompok. Dan menjelang akhir perjalanan, banyak hewan buas yang dilihat anak-anak, seperti Jerapah, Sipanse, Harimau Loreng, Bison, Gajah, Kuda Nil, dan anak-anak banyak yang penasaran mencari buaya, yang tak kunjung dilewati pada rute perjalanan kali ini.

Acara ditutup dengan foto bersama di panggung Animal Show (dulu), kemudian acara dilanjutkan oleh siswa bersama orang tua mereka dan otomatis, mereka pulang sendiri, bagi anak-anak yang orang tuanya tidak ikut, langsung turut pulang dengan guru, mengendarai armada Lin JMP. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB, sesuai jadwal yang direncanakan acara berakhir. (@)

Gallery Photo :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s