Sparkling Romadhon sebagai puncak acara di bulan Romadhon 1432 H, di PG/TK Islam Al Kalam Surabaya, dikemas jadi satu dengan tema HUT Kemerdekaan RI yang ke 66, diselenggarakan rentetan acara belajar sambil berbakti sosial, seperti Ta’jil Road Show, Pondok Romadhon, Edutainment Competition dan yang terakhir Sparkling Romadhon dengan Berbagi dan Berbuka Bersama Kaum Dhuafa.

Pada hari ini (sabtu-20/8/11) berjalan dengan meriah dan penuh gebyar atraksi pentas bakat siswa, dan diwarnai bazaar murah, yang diadakan oleh Komite sekolah dan warga sekitar. Acara yang diadakan pada sore hari, bertempat di pelataran depan sekolah PG/TK Islam Al Kalam, didesain dengan konsep simple, cheap and hand made, dan dihadiri oleh seluruh orang tua murid dan 20 orang kaum dhuafa yang terdiri dari Janda tua, Manula, para orang tua yang fakir dan miskin.

Acara yang dibuka oleh duet MC, ustadah Icha dan Vita, mampu menarik perhatian audiens yang rata-rata dipenuhi oleh anak-anak, dengan gaya interaktif, diselingi lemparan tanya dan jawab yang lucu, Icha dan Vita mampu mengkondisikan anak-anak untuk tertib dan teratur. Kemudian secara langsung, MC mempersilahkan satu persatu siswa dan kelompok tampil secara bergantian, mempersembahkan hiburan panggung berupa fashion show, tari, nasyid, puisi dan lagu, sebagai ajang memupuk keberanian, kemandirian dan kepercayaan diri menghadapi teman dan orang tua mereka. Seluruh pengisi acara, sepenuhnya dari anak-anak (siswa) yang dilatih khusus oleh ustad dan ustadahnya secara personal ataupun berkelompok, ungkap Kepala Sekolah, yang bernama lengkap Nur Fatmawati, S.Ag.

Pada kesempatan ini, turut pula menyambut Ustad Isa Anshori selaku Ketua Yayasan PG/TK Islam Al Kalam, yang mengharapkan partisipasi orang tua (komite) untuk tetap mendukung program-program sekolah yang mengoptimalkan kecerdasan, emosi dan ketrampilan motorik siswa. Serta memaparkan sedikit visi misi sekolah kedepan, akan selalu berbenah dan menjadi sekolah unggulan yang mampu memproduksi lulusan siswa yang berakhlaq dan berprestasi. Sekolah akan selalu siap, menerima (input) model siswa, yang beragam, dan memproses mereka dengan sistem dan metode pembelajaran yang Aktif, Kreatif dan Menyenangkan serta pro (sayang) terhadap anak.

Teriring pula, sambutan dari perwakilan Komite yang disampaikan oleh Bunda Faras, yang saat itu tampil sambil memeluk putranya, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras sekolah dengan berbagai macam program pendidikan untuk anak, dan tak lupa mengingatkan sekolah agar senantiasa lebih intens berkordinasi dengan Komite Sekolah, jika akan menyelenggarakan acara sekolah, karena hal ini erat hubungannya dengan keterlibatan orang tua dalam menyokong dana dalam kegiatan nantinya.

Di sela-sela acara pentas lagu, puisi dan tari dari siswa, ditiap sesi oleh MC diselingi dengan pembagian hadiah lomba Merangkai Gambar dari Bahan Daur Ulang, Menangkap Ikan dan Hafalan Surat dan Bacaan Sholat, dan lain-lain dengan diberikan kepada mereka sebuah piala bagi mereka yang menang atau juara, diantaranya Delisa, Bintang dan Yusuf, dari TK A dan B.  Begitu pula, karena tahun ini jumlah Dhuafa lebih banyak maka diatur 5-10 orang untuk maju duduk didepan panggung, dan diberikan bingkisan berupa beras, uang tunai, minuman botol, krupuk dan roti kaleng, oleh anak-anak secara bergantian, sambil membagi mereka pun menyalami semua para ibu bapak kaum dhuafa. Acara ditutup dengan doa bersama oleh Ustad Achung, yang serentak berdoa untuk keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan para hadirin, dan memohon lipatan ganjaran pada Allah atas kebaikan sedekah dan infaq anak dan orang tua pada hari ini di bulan romadhon, dan diakhiri dengan doa makan yang akhirnya ditutup dengan buka bersama, menikmati makanan dengan menu ayam goreng. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s