Memperingati hari kemerdekaan RI ke 66 dibulan romadhon 1432 H. salah satu agenda dari rangkaian lomba yang dijadwalkan, setelah kemarin lomba menangkap ikan, hari ini, Sabtu (13/8/2011) diselenggarakan lomba membuat Kolase dari bahan alam atau daur ulang. Seluruh peserta yang mau berpartisipasi terdiri dari orang tua dan anak. Mereka diminta untuk membawa peralatannya sendiri seperti lem, gunting dan spidol, serta bahan dari alam, bisa dari kulit-kulitan atau biji-bijian seperti Kulit salak, jeruk, pasir, kulit telor dan daun-daunan kering atau yang lainnya.

Pagi itu suasana sangat cerah. Di Sekolah PG/TK Islam Al Kalam dipenuhi oleh orang tua dan murid, yang telah bersiap-siap menata diri dan posisi sambil membawa perbekalan berupa alat, bahan dan tema yang mau diusung. Rata-rata para kaum ibu lebih dominan dan tampak bersemangat  dalam kegiatan ini. mereka membawa peralatan yang lengkap untuk lomba kali ini. Dan yang tak kalah hebohnya ada beberapa Bapak-Bapak mendampingi putrinya untuk membantu dan bekerjasama membuat karya yang sempurna.

Setelah aturan main ditentukan oleh panitia, yang terdiri dari para ustadzah. Diantaranya tentang berbagi peran, antar orang tua dan anak. Jika orang tua yang dominan, maka kelompok itu akan di diskualifikasi. Sekitar pukul 08.00 WIB acara dimulai dan tampak masing-masing orang tua bekerja dan mengarahkan sambil menyiapkan benda-benda yang akan ditempelkan. Hal ini bisa diamati dari kelompok Ananda Dilla dan ibunya. Keduanya kompak dan tampak asyik mengatur kulit salak, kulit jeruk dan  biji-bijian serta daun-daun kering. Begitu juga dengan kelompok lainnya.

Selang beberapa lama, sekitar pukul 10.30 WIB acara lomba diakhiri dan sesuai kesepakatan, pengumuman pemenang bukan hari ini, akan tetapi di kumpulkan dulu , dan hadiahnya akan dibagikan diacara puncak saat Sparkling Ramadhan menjelang hari raya. Dan ternyata setelah dihitung dan dievalusi kemudian diskor total dalam rapat khusus setelah acara, maka untuk lomba Kolase kali ini dimenangkan oleh karya Delisa dan Bundanya, sebagai juara I dan disusul Bintang dan Bunda, sebagai juara II dan Juara III diraih oleh Ananda Jusuf dan Dillah beserta ibu-ibunya.

Lomba hari ini sangat berkesan bagi Kepala Sekolah, karena tidak menyangka antusiasme peserta sangat tinggi dan membawa bahan yang sangat variatif dan memiliki ciri tersendiri. Para Ustadah memonitor dan mengarahkan serta mendampingi peserta lomba yang datang tanpa didampingi ibu atau bapaknya. Komitmen dari kepala sekolah, InsyaAllah, lomba ini akan dijadikan agenda tahunan, karena membuat kolase, benar-benar menantang kreatifitas dan imajinasi siswa.(@)

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s