Mengawali Ramadhan 1432 H, siswa-siswi PG/TK Islam Al Kalam mengadakan acara bagi ta’jil, bertajuk Ta’jil Roadshow, di areal Taman seberang SPBU Balong Sari, pada hari senin (1/8/11). Acara yang didukung penuh oleh orang tua murid yang tergabung dalam komite sekolah melibatkan sekitar 70 siswa. Konsep acara dikemas atraktif seperti parade kostum, karena memang beberapa anak diminta khusus mengenakan kostum bak pagar ayu dan pagar bagus, sehingga harus tampil cantik dan sempurna dengan balutan kostum adat dan modern.

Mereka menyapa hangat semua pengendara motor dan mobil yang melalui mereka. Tak kalah seru beberapa guru dan siswa turut mengenakan kostum syetan dan malaikat dengan menggoda dan mengajak para pengunjung agar tidak usah puasa atau ibadah sholat dan ngaji, sedangkan para malaikat terus menyerukan ajakan untuk lebih giat beribadah karena ganjarannya berlipat di bulan suci ini.

Dan yang tak kalah seru, acara yang dimulai pukul 16.30 WIB, dibuka dengan pentas panggung jalanan yang diisi puisi, karaoke dan demo ajakan berpuasa. Anak-anak tampak antusias mengikuti acara ini, jalanan menjadi penuh oleh anak dan orang tua yang menghantar. Dengan menghadirkan MC khusus, mbak Vita, beliau mampu membawakan acara demi acara dengan elegan dan membuat anak bersemangat. Sebagian anak memang berperan ala demonstran, tapi isi pesannya PREMIUM, Prei makan dan Minum. Ayo Poso engkok mlebu surgo dan masih banyak lagi.

Semakin sore dan semakin mendekati adzan maghrib, suasana menjadi tambah ramai, hingga Bapak Polisi turut membantu mengatur kemacetan jalan, dan beberapa wali murid juga turut mengatur dan mengkondisikan anak-anak agar tetap aman dipinggir jalan. Seperempat jam sebelum memasuki adzan maghrib, anak-anak langsung turun membagikan ta’jil berupa kue berat seperti lemper, kue sus, dan resoles serta air mineral yang jadi satu dalam kotak kue yang merupakan karya warna anak pula. Memang menjelang bulan puasa anak-anak sudah membuat karya tiap anak 4-5 karya, kotak yang digambari dengan aneka tema romadhon seperti gambar bulan sabit, ketupat, binatang onta, kitab suci, bocah muslim dan lain-lain, dari itu semua, siswa tinggal melakukan pewarnaan (colouring).

Setelah masuk waktu berbuka puasa, anak-anakpun langsung turut menikmati kue ta’jil tersebut. Dan beberapa orang tua yang tergabung dalam komite, turut berbuka bersama di jalanan. sedangkan ustad dan ustadah pendamping langsung melakukan koordinasi dan evaluasi di depot terdekat daerah terminal balong sari (@)

Gallery Photo :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s