Kegiatan akhir tahun ajaran 2010-2011, PG-TK Islam Al Kalam, untuk kelas besar (TK B), dikemas dalam bentuk Refreshing Program dengan berwisata bersama di Sengkaling dan Selecta Batu Malang, dengan mengundang Ustad Achung sebagai pemandu program. Kegiatan yang diadakan pada hari Kamis, 12 Mei 2011, diikuti oleh sekitar 60 peserta terdiri dari 28 siswa, 8 orang ustad dan ustadah pendamping, dan sisanya orang tua, bertujuan untuk menggalang kebersamaan antar siswa dan menoreh kenangan yang tak terlupakan dipenghujung tahun perpisahan mereka.

Kegiatan dijadwalkan berkumpul pukul 07.00 di Badan Pendidikan dan Latihan Propinsi Jawa Timur, Jl. Balong Sari Tama, Tandes Surabaya, karena kendaraan yang digunakan adalah jenis Bis Pariwisata AC, ukuran besar berjumlah 60 seat, milik PO. Damri. Maka tidak bisa masuk dilokasi sekolah, Jl. Gadel Sari Madya Gg IV/20, yang harus melalui areal perkampungan. Dan pagi itu, Bus sudah standby dilokasi. Tampak disana beberapa siswa dan orang tua sebagian sudah hadir begitupula para pendamping dari guru yang turut  menunggu kehadiran peserta yang lain.

Tepat pukul 07.30 WIB, Bus mulai bergerak meluncur meninggalkan Surabaya, menuju kota Batu Malang. Didalam Bis peserta wisata langsung dipandu oleh Ustad Achung dengan berdoa bersama, serta dibagikan Jadwal Kegiatan selama satu hari nanti. Sembari ustadah pendamping asyik membagikan snack pagi, Ustad Isa Ansori, dengan memegang megaphone memperkenalkan Ustad Achung, selaku pemandu program kali ini dan menjelaskan bahwa hari ini, orang tua dan anak akan berkegiatan berlomba dan bergembira bersama (semi outbound). Dan untuk para ustadah akan menjadi pendamping, membantu ustad Achung dalam memandu program.

Sepanjang perjalanan didalam bis, acara diisi dengan karaoke bersama, orang tua murid, guru dan anak-anak. Dengan menyanyikan mulai lagu anak, pop dangdut koplo dan lagu tembang kenangan. Yang CD/DVD nya dibawa sendiri oleh orang tua atau meminjam dari Bapak Kondektur. Satu persatu orang tua menyanyikan lagu Teh Poci, Balonku ada lima, Baik-Baik Sayang-Wali versi dangdut dan masih banyak lagi. Suasana tampak ceria diliputi suka cita berkaraoke bergantian. Tanpa disadari, bis sudah memasuki kota Malang.

Sekitar pukul 09.30 WIB, Bus Memasuki pelataran parkir Sengkaling, peserta dikomando untuk turun dan baris terlebih dahulu, sembari ustadah Fatma memesan tiket masuk. Anak-anak telah dikelompokan menjadi 4 grup. Satu grup terdiri dari 7 siswa, masing-masing grup bernama Kelompok Kucing, Strawberi, Bintang, dan Apel. Mereka pun masuk satu persatu, dan berbaris di halaman atas Sengkaling.

Sebelum turun, peserta dikondisikan untuk membuat yel-yel terlebih dahulu dibantu oleh ustadah pendamping, dan selanjutnya dites kekompakkan meneriakan yel-yel oleh ustad Achung. Setelah dirasa oke, Peserta memulai permainan Holahop, berpasangan dengan orang tua. Ustad Achung mengarahkan dan menunjukkan cara bermainnya. Dan setelah itu peserta langsung bermain dengan seru, saling masuk kedalam holahop dari mulai barisan depan kebelakang, siapa yang cepat itu yang menang. Kemudian dimodifikasi dengan cara kedua, setelah berpegangan pundak, peserta diminta untuk bergandengan tangan, dan tetap dengan instruksi yang sama. Suasanapun tampak heboh, karena peserta lomba tampak bebas bergerak, karena diminta menaruh dulu semua perbekalan.

Kemudian dilanjutkan dengan permainan kedua, yaitu perang-perangan, disini peserta yang menang akan diberikan hadiah khusus oleh Sekolah. Bentuk permainannya adalah, peserta berperang melawan antar kelompok, pertandingan pertama kelompok Bintang dan Strawberry terlebih dahulu. Dari 7 pemain, 3 orang menjadi mesin, yang matanya ditutup oleh kain penutup, dan 3 lagi menjadi komandan tempur yang menginstruksikan jalannya kendaraan tempur, seperti maju, mundur, kanan, kiri dan tembak. (Demikian instruksi aturan permainan yang dituturkan oleh ustad Achung). Dan yang terakhir yang menyebarkan ranjau di areal pertempuran, siapa yang menginjak ranjau, maka mesinnya akan meledak, artinya siswa yang menjadi kendaraan harus tersisi keluar dari areal permainan.

Permainan berjalan lebih seru, banyak orang tua yang tidak tahan ingin turut main dan tidak ingin anaknya kalah, maka merekapun turut terjun kelapangan memandu putra-putrinya, padahal hal itu tidak diperbolehkan oleh peraturan permainan. Tapi ustad Achung ngepoor atau tidak terlalu ketat pada aturan, karena game ini disajikan dengan target only for fun. Permainan berakhir dengan dimenangkan dua kelompok, yang nantinya akan dipertandingan final di sesi kunjungan kedua, di Selecta.

Setelah itu, acara bebas bermain, setiap peserta siswa dan orang tua, memperoleh tiket gratis bermain apa saja, seperti bom-bom car, kincir angin, kuda berputar, naik kereta api, berenang dan masih banyak lagi. Mereka sementara diserahkan penuh tanggung jawabnya kepada orang tua. Sedangkan Ustad Achung dan Ustad Isa, asyik mendokumentasikan kegiatan ini dengan kamera foto dan video. Acara dibatasi hingga pukul 13.00 WIB, dan sudah harus berkumpul di Bus.

Tepat pukul 13.15 WIB peserta wisata sudah berkumpul di bus, dan siap melanjutkan acara ke Selecta. Dan sekitar pukul 13.45, bus sudah tiba di selecta dan tampak pembangunan objek wisata disana-sini, didepan sudah ada akuarium jumbo yang berisi ikan-ikan mas berukuran besar. Anak-anak melihat ikan dan berfoto bersama dengan background Aquarium ikan mas atau tombro. Selanjutnya peserta bergeser di samping restoran selecta, dan melakukan kegiatan pertandingan perang-perangan lanjutan, dan dimenangkan oleh kelompok Strawberi, dan berhak memperoleh hadiah bungkusan besar, tapi entah apa isinya, dan ketika dibuka bersama ternyata berisi snack dan minuman yang hitung pas masing-masing anak mendapat 1 paket.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara TUKAR KADO, artinya masing-masing anak, di H – 1 sudah diminta untuk membawa kado, dan hari ini mereka harus saling bertukar kado antar mereka, isi kado berharga minimal Rp. 10.000, dan maksimal bebas. Saat acara ini, dapat dipastikan tiap anak mendapat kado, mereka diminta untuk mengambil kado yang bukan miliknya, setelah mendapat instruksi dari ustad Achung, yang mengurut pengambilan menyesuaikan abjad depan namanya secara tidak urut (random). Sempat sebelum dimulai ada siswa yang belum menaruh kado, sehingga sedikit heboh mencari siapa yang belum menaruh, saat dihitung sebelum dimulai permainan.

Acarapun dilanjutkan dengan berenang bersama, di kolam renang selecta, yang tampak luas dan asri, serta bernuansa modern, layaknya Water Park Surabaya. anak-anak riang berenang, karena saat di Sengkaling mereka dilarang untuk berenang, takut akan lama proses kegiatannya. Dan disini dipuas-puaskan. Sekitar pukul 16.30 WIB, peserta sudah berkumpul di Bus, menunggu Koordinator program yang sedang asyik makan bakso.

Perjalanan dilanjutkan dengan wisata belanja di Bakpo Telo, pusat oleh-oleh dari Malang, sempat akan mampir di Pasar Lawang, agar ibu-ibu bisa belanja sayur, akan tetapi kesulitan parkir, akhirnya dilanjutkan ke pasar Pandaan, tiba pukul 18.00 WIB dan belanja selama setengah jam. Bus meluncur ke balik ke Surabaya, dan tiba dilokasi Badan Diklat Prop. Jatim pukul 20.30 WIB. (@)

Gallery Photo :

One response »

  1. wah seru y liburannya………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s