Cooking Class TK ASetelah sukses dengan Cooking Class TK B, yang memasak menu Fried Chicken, tiba waktunya TK A,  beraksi di Kelas Memasak berikutnya, dengan menu Soup Telur Dadar. Sekitar 36 siswa dengan dipandu wali kelas dan beberapa ustadah lainnya, beraksi memecah telur, mengocok dan menggoreng telur. Tidak itu saja, Para Ustadah membimbing dan memandu anak-anak untuk berani juga mengolah beras menjadi nasi, teh kering menjadi teh manis, dan telur mentah menjadi telur dadar. Kegiatan yang diadakan pada hari Jum’at, 2 November 2012 bertujuan agar anak bisa belajar dengan melakukan (learning by doing). Setiap hari anak-anak minum teh dan makan telur, tapi proses membuat teh dan telur, selalu dibuatkan dan disiapkan oleh ibunya, tapi hari ini mereka harus mengolah dan membuatnya sendiri.

Sejak pagi, anak-anak sudah dikondisikan oleh Ustadah Fatma untuk tertib mengikuti kelas memasak. Dengan harapan anak-anak tetap terarah untuk berhati-hati dan menjaga kebersihan diri dan tempat. Selanjuntnya waktu diberikan kepada para ustadah diantaranya ustadah Ana, Umu, Fiti, dan Nida, yang sudah siap dengan baskom berisi air dan beras. Anak-anak secara berkelompok menuju ke ustadah yang ditentukan kemudian mereka mengolah dan membersihkan beras. Setelah bersih beras dimasukkan di Rice Cooker, dan menunggu sampai beras matang, menjadi nasi.

Selanjutnya pembelajaran beralih membuat minuman teh, ustadah Ana sudah siap dengan bahan dan peralatan seperti gelas, sendok, gula dan air. Kemudian diberitahukan cara membuat teh pada umumnya, ada yang pake celup, serbuk atau teh kering. Semuanya diperagakan dan ditunjukkan pada anak-anak kemudian diminta untuk mencoba beraksi satu persatu, dengan terlebih dulu menyiapkan air panas, dan langsung pake teh celup, tiap anak pegang satu-satu dan dicelupkan pelan-pelan. Selanjutnya sebagian anak mulai memasukan gula ke dalam gelas besar tersebut sesendok demi sesendok, lalu diaduk, sambil diminta untuk merasakan manisnya. Setelah siap. Teh yang sudah memerah dan berasa manis langsung dituang ke gelas tiap anak, sebagai teman minum Soup Telur Dadar.

Tidak berhenti disitu, sesi belajar berganti dengan mengenal bahan dasar sayuran Soup, seperti Wortel, Seledri, Buncis, Sosis, Pentol, Bawang Prei dan lain-lain. Oleh ustadah Ana, anak-anak ditunjukkan semua material tersebut, walau setelah itu mereka langsung melihat Soup yang sudah jadi. Hingga semua sudah tersaji dimeja makan, seperti Nasi, Teh Manis dan Soup, maka yang terakhir saatnya membuat telur. Dengan gaya bak juru masak, balutan celemek tiap anak membuat baju mereka lebih aman dan bersih dari kotoran. Satu persatu anak dibagi mangkuk plastik, sendok dan telur. Para peserta Cooking Class diminta untuk perlahan memecah telur dengan sendok dan menumpahkannya di mangkuk, setelah itu dikocok, dan sudah disiapkan garam untuk sedikit dimasukkan kedalam kocokan telur. Tapi apes buat Badai dan Nadif, saat mengkocok sebagian telurnya tumpah, hingga tinggal sedikit.

Sembari anak-anak menyiapkan telurnya, Ustadah Erni sudah menyiapkan 2 kompor, diatasnya ada wajan yang sudah mendidih dengan minyak goreng didalamnya. Lalu satu persatu anak dibimbing dengan diajari cara memegang sotil, dan menuang telur didalam penggorengan. Lalu telur dibolak balik biar matangnya merata. Ustadah Ana, Umu dan Erni, sangat cekatan mengajari mereka. Sambil bergantian belajar menggoreng, Ustadah Fatma dengan sebagian anak yang masih antri menunggu memasak, diajak bernyayi bersama lagu poco-poco yang liriknya diganti lagu 4 Sehat 5 Sempurna.

Saatnya makan bersama, anak-anak sudah bersiap dimeja besar. Dengan hidangan tersaji lengkap plus buah semangka. Diawali dengan prosesi doa bersama, anak-anak langsung dibagikan piring dan nasi, the dan dituangkan sayur satu persatu, diatasnya diberi telur oleh mereka dan langsung disantap bersama. Tapi ada dua anak yang gak suka sayur, salwa dan Naila, hingga tidak dimakan. Terus ustadah akhirnya memberikan mereka berdua nasi dan telur saja. setelah nasi habis disantap, ustadah Umu dan Ana membagi seiris buah semangka kepada anak-anak. dan ditutup dengan membaca Alhamdulillah, hilladzi at amana wa sasaqona waja Alana minal muslimin.

GALLERY PHOTO :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s